IMPLIKASI INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PRODUK KACAMATA PADA OPTIK NICE

Keywords: Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Kacamata di Optik Nice Sidoarjo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana implikasi strategi inovasi produk terhadap keunggulan bersaing produk kacamata berdasarkan persepsi konsumen di Optik Nice dibandingkan gerai-gerai Optik lainya yang ada di Kota Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif yang cenderung menggunakan analisis. Instrumen penelitian ini menggunakan media penyebaran kuesioner dengan memberikan pertanyaan bersifat tertutup dan terbuka untuk mengumpulkan data-data pada responden. Jumlah sampel yang diambil adalah 30 informan yang banyak didominasi oleh informan berusia dewasa dan dominasi berjenis kelamin perempuan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa inovasi produk dengan indikator desain, kualitas, atribut dan material produk mempengaruhi keunggulan bersaing produk kaca mata pada Optik Nice. Dari keempat indikator tersebut, desain produk paling dominan berpengaruh yang menjadi pertimbangan awal konsumen Optik Nice dalam melakukan pembelian produk kaca mata. Inovasi dalam desain produk sebagai faktor keunggulan bersaing yang dilakukan Optik Nice adalah dengan menambah fitur desain dan model frame terbaru dan dengan tetap meningkatkan kualitas kacamata dari segi lensa, frame/bingkai kacamata dengan selalu up to date menyesuaikan dengan perkembangan zaman di era saat ini. Desain bingkai kacamata berbentuk bulat lebih menarik dipilih konsumen. Konsumen lebih memilih kualitas bingkai kacamata yang ringan beratnya. Terkait atribut produk, Optik Nice memberikan garansi penukaran lensa jika lensa tidak sesuai atau mengalami kerusakan dan konsultasi gratis. Material bingkai berbahan plastik lebih dipilih konsumen dibandingkan jenis material lainnya.

Published
2021-06-29
Section
Articles