Pengaruh Likuiditas dan Growth Terhadap Dividend Payout Ratio

  • Tuti Setiatin
Keywords: Dividend Payout Ratio, Dividend Payout Ratio, Likuiditas, Likuiditas, Growth, Growth

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana pengaruh likuiditas dan growth terhadap dividend payout ratio (DPR) serta menguji pengaruh likuiditas dan growth secara bersama-sama terhadap dividend payout ratio (DPR). Variabel likuiditas diukur dengan menggunakan Loan to Deposit Ratio (LDR), growth diukur dengan menggunakan Asset Growth, dan Dividend Payout Ratio menggunakan (DPR). 

            Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 55 perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling sehingga didapatkan 8 perusahaan sektor perbankan yang memenuhi kriteria. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan α (5%).

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas berpengaruh positif terhadap dividend payout ratio. Sedangkan Growth berpengaruh negatif terhadap dividend payout ratio. Serta likuiditas dan growth berpengaruh secara bersama-sama terhadap dividend payout ratio. Koefisien determinasi dari penelitian ini adalah bahwa 26,9% variasi dari variabel dependen dividend payout ratio dapat diprediksi dari kombinasi variabel likuiditas dan profitabilitas, sedangkan sisanya sebesar 73,1% tidak dapat dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian.

Published
2019-06-21
Section
Articles