Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Smartfren Telecom Tbk Cabang Sukabumi
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Smartfren Telecom Tbk Cabang Sukabumi.
Rancangan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan metode assosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Smartfren Pada PT Smartfren Telecom Tbk Cabang Sukabumi, sampel yang digunakan sebanyak 93 responden yang diperoleh dengan menggunakan teknik non probability sampling. Untuk uji analisis instrumen penelitian digunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik, kemudian untuk uji analisis statistik dan analisis hubungan dan pengaruh digunakan korelasi pearson product moment, koefisien determinasi, regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t dan uji F.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa secara parsial kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada PT Smartfren Telecom Tbk Cabang Sukabumi, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi karyawan pada PT Smartfren Telecom Tbk Cabang Sukabumi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan lebih dominan dalam mempengaruhi kepuasan konsumen pada PT Smartfren Telecom Tbk Cabang Sukabumi. Kualitas produk dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada PT Smartfren Telecom Tbk Cabang Sukabumi. Dengan membandingkan F hitung dengan F tabel (73,535 > 4,02), artinya H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga hipotesis penelitian yang diajukan dalam penelitian ini terbukti bahwa Kualitas produk dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Besarnya konstribusi pengaruh Kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen sebesar 62,0%, sedangkan sisanya sebesar 38,0% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.

