Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Manajemen terhadap Peningkatan Layanan Pendidikan di SMA Negeri 1 Sagaranten
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa seberapa besar pengaruh penerapan sistem informasi manajemen terhadap peningkatan layanan pendidikan di SMA Negeri 1 Sagaranten.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah melakukan studi pustaka, yaitu bentuk pengumpulan data melalui literatur (buku) yang berkaitan dengan permasalahan penelitian yang dijadikan dasar teori dalam penelitian ini. studi dokumentasi, yaitu bentuk pengumpulan data melalui dokumen-dokumen yang berada pada objek yang menjadi tempat penelitian yang dibutuhkan peneliti untuk dijadikan bahan pelengkap dalam kajian permasalah penelitian. Penyebaran angket, yaitu istrumen penelitian yang dibutuhkan untuk mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan rumusan-rumusan penelitian, dan ini dijadikan landasan pengukuran dalam analisa data terhadap pertanyaan penelitian. Serta wawancara (interview), merupakan pengumpulan data melalui komunikasi langsung dengan pihak – pihak yang berkaitan dengan masalah penelitian.
Berdasarkan hasil analisa maka dapat disimpulkan bahwa penerapan sistem informasi manajemen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan layanan pendidikan di SMA Negeri 1 Sagaranten dengan nilai koefisien Determinasi 0,611 . Ini berarti bahwa 61,1% variasi peningkatan layanan pendidikan di SMA Negeri 1 Sagaranten ditentukan oleh variasi penerapan sistem informasi manajemen, dan hanya 38,9% ditentukan oleh faktor atau variabel lainnya. Adapun korelasinya positif (berbanding lurus) dengan tingkat hubungan yang sangat tinggi, hal ini terlihat dari nilai koefisien korelasi antara X dengan Y sebesar r = 0,782. Dengan demikian jika penerapan sistem informasi manajemen di SMA Negeri 1 Sagaranten ditingkatkan maka peningkatan layanan pendidikan akan meningkat, begitu pula sebaliknya. Dari analisis regressi linier sederhana diperoleh nilai persamaan regressi Y = 10,645 + 0,294X, koefisien regressi sebesar 0,294 menunjukan bahwa setiap penambahan penerapan sistem informasi manajemen sebesar 1 poin akan diikuti dengan bertambahnya peningkatan layanan pendidikan 0,294.

