Kemudahan terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Aplikasi Shopee

(Survei Pada Pengguna Shopee di Pesantren Al-Ma’tuq Sukabumi)

  • Euis Lisnawati sekolah tinggi ilmu ekonomi PGRI sukabumi
  • Rema Mulyani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Sukabumi
  • Shofyan Ariyantho Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Sukabumi
Keywords: Harga, Teknologi Informasi, Keputusan Pembelian

Abstract

Keputusan pembelian adalah suatu tindakan dari konsumen untuk memutuskan membeli atau tidak membeli suatu produk atau jasa. Beberapa faktor pendorong biasanya mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli suatu produk, salah satunya adalah faktor harga. Seiring dengan perkembangan teknologi, faktor pendorong konsumen untuk membeli suatu produk atau jasa adalah faktor kemudahan. Konsumen pada akhirnya mempertimbangkan kedua hal tersebut sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli suatu produk atau jasa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kemudahan terhadap keputusan pembelian pengguna aplikasi Shopee, baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dan sampel yang diteliti adalah pengguna Shopee di Pondok Pesantren Al-Ma'tuq Sukabumi. Sampel yang diperoleh sebanyak 150 responden. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Kenyamanan juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara bersamaan, harga dan kenyamanan juga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian bagi pengguna Aplikasi Shopee

Published
2022-08-18
How to Cite
Lisnawati, E., Mulyani, R., & Ariyantho, S. (2022). Kemudahan terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Aplikasi Shopee . Jurnal Ekonomak, 8(2), 25-38. Retrieved from https://ejournal.stiepgri.ac.id/index.php/ekonomak/article/view/206