Implementasi Cost Plus Pricing dengan Pendekatan Full Costing dalam Menentukan Harga Jual pada Home Industry Ibu Maryam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perhitungan HPP dan penentuan harga jual produk pada Home Industry Ibu Maryam. Perhitungan HPP dengan memakai metode full costing dan penetapan harga jual dengan memakai cost plus pricing. Metode yang dipakai adalah metode analisis deskriptif. Data primer yang didapat dari hasil wawancara dengan pemilik perusahaan dan data sekunder dari data biaya-biaya produksi perusahaan.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa perhitungan HPP menurut perusahaan lebih rendah dibandingkan dengan perhitungan HPP dengan metode full costing, hal itu dikarenakan perusahaan tidak memasukkan beberapa biaya overhead lainnya. Dengan metode cost plus pricing, harga jual menjadi lebih tinggi dibandingkan menurut perusahaan karena HPP sesungguhnya lebih besar dibandingkan perhitungan perusahaan, sehingga harga jual pun meningkat ditambah dengan persentase laba yang diharapkan perusahaan

