Pengaruh Pelayanan dan Pengawasan Unit Pelaksana Teknis Daerah UPTD Metrologi terhadap Kepuasan Pedagang

Pada Pasar Cibadak Kabupaten Sukabumi

  • Noornissa Sarah Ginanjar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Sukabumi
  • Rema Mulyani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Sukabumi
Keywords: Pelayanan, Pengawasan, Kepuasan Pedagang

Abstract

Untuk kenyamanan dan ketertiban dalam berbisnis maka alat takaran dan timbangan yang digunakan harus sesuai dan kenyamanan serta kertertiban dalam berbisnis masih kurang baik. Sehingga merugikan para pembeli serta berdampak pada para pedagang yang lain yang berperilaku jujur dan baik. Hal ini diperlukan adanya pelayanan dan pengawasan yang harus dilakukan oleh unit pelaksana UPTD Metrologi untuk menjaga ketertiban dan keamanan para pedagang di pasar Cibadak.

 

Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian asosiatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang disebar kepada 88 responden dari populasi 750 orang yang berdagang di pasar Cibadak Kabupaten Sukabumi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitas data, uji prasyarat analisis dan uji analisis data serta hipotesis.

Berdasarkan hasil uji t (parsial)  bahwa baik  pelayanan maupun pengawasan unit pelaksana teknis daerah UPTD Metrologi masing-masing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pedagang pada pasar Cibadak Kabupaten Sukabumi. Sedangkan uji F (simultan) hasilnya bahwa pelayanan dan pengawasan unit pelaksana teknis daerah UPTD Metrologi secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pedagang di pasar Cibadak Kabupaten Sukabumi.

Published
2021-08-28
How to Cite
Sarah Ginanjar, N., & Mulyani, R. (2021). Pengaruh Pelayanan dan Pengawasan Unit Pelaksana Teknis Daerah UPTD Metrologi terhadap Kepuasan Pedagang . Jurnal Ekonomak, 7(2), 49-58. Retrieved from https://ejournal.stiepgri.ac.id/index.php/ekonomak/article/view/250