Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Perawat terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III di Era Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)

pada Rsud R. Syamsudin, SH. Kota Sukabumi

  • Tarjono Tarjono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Sukabumi
Keywords: Kepuasan Pasien, Kinerja Perawat, Kualitas Pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kinerja perawat terhadap kepuasan pasien rawat inap Kelas III di Era Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Pada RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan alat pengumpul data/instrumen berupa kuesioner yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas instrumen. Sebagai populasi sasarannya adalah seluruh pasien rawat inap kelas III BPJS di RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi dengan karakteristik pasien sebagai berikut: Pasien yang dirawat inap selama bulan Oktober 2020, Pasien dirawat lebih dari 2 hari, Kesadaran baik, serta mampu berkomunikasi langsung secara lisan/tulisan, Pasien dewasa dan anak. Bila pasien anak, yang menjawab kuesioner adalah orang tuanya atau keluarganya, Pasien bukan merupakan karyawan/pegawai RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi. Sedangkan  ukuran sampel yang digunakan sebanyak 52 orang pasien, dengan dan teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling aksidental atau insidental. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis jalur. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis, yaitu melalui uji normalitas, uji linearitas, uji dan  uji heteroskedastisitas. Berdasarkan analisis statistik deskriptif diperoleh: (1) Kepuasan Pasien termasuk dalam kategori tinggi; (2) Kinerja Perawat termasuk dalam kategori tinggi; dan (3) Kualitas Pelayanan termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan, bahwa : (1) Terdapat pengaruh kinerja perawat yang signifikan terhadap kualitas pelayanan pasien Rawat Inap Kelas III di Era Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Pada RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi; (2) Terdapat pengaruh kualitas pelayanan yang signifikan terhadap kepuasan pasien Rawat Inap Kelas III di Era Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Pada RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi; dan (3) Terdapat pengaruh kualitas pelayanan dalam memediasi pengaruh kinerja perawat yang signifikan terhadap kepuasan pasien Rawat Inap Kelas III di Era Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Pada RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi.

Published
2022-12-29
How to Cite
Tarjono, T. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Perawat terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III di Era Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) . Jurnal Ekonomak, 8(3), 39-63. Retrieved from https://ejournal.stiepgri.ac.id/index.php/ekonomak/article/view/278