Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Gamita Sukabumi Sejati
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Gamita Sukabumi Sejati. Sampel yang diteliti adalah pelanggan PT. Gamita Sukabumi Sejati sebanyak 80 responden. Metode Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda serta uji hipotesis secara parsial maupun simultan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT.Gamita Sukabumi Sejati sebagaimana hasil uji parsial (uji t) yang berarti hasil penelitian ini dapat digeneralisasi terhadap populasi, dimana apabila Kualitas Pelayanan meningkat maka akan meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Kualitas Produk tidak berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Gamita Sukabumi Sejati, hal ini menunjukan bahwa Kualitas Produk bukan faktor dominan yang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Hasil uji hipotesis secara parsial menunjukan t hitung < t tabel dan taraf signifikan hasil uji menunjukan > 0,05. Kepercayaan berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT.Gamita Sukabumi Sejati, hal ini menunjukan bahwa Kepercayaan pada PT.Gamita Sukabumi Sejati diperlukan sebagai partner bisnis, dimana pangkalan sebagai kepanjangan tangan dari PT. Gamita Sukabumi Sejati sebagai agen, sebagaimana hasil uji t menunjukan nilai t hitung lebih besar dari t tabel dengan arah negatif.

