Pengaruh Kepercayaan Merk terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Trio Mitra Bersama Sukabumi
Abstract
Persoalan merek menjadi salah satu persoalan yang harus diperhatikan oleh setiap perusahaan. Pelaku usaha yang sedang memimpin atau ingin mengembangkan usahanya harus selalu melihat dan mengamati konsumen saat ini. Pada dasarnya tujuan pemasaran ini adalah untuk mengetahui dan memahami secara utuh sifat konsumen agar mampu menjual produk yang ditawarkan.. PT. Trio Mitra Bersama (TMB) Sukabumi adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang distribusi makanan ringan. Berdasarkan pengalaman, perusahaan menginginkan dalam menjual produk-produk dapat dikenal oleh masyarakat. Oleh karena ini perlu dilakukan penelitian apakah merk produk-produk yang didistribusikan oleh PT. Trio Mitra Bersama (TMB) Sukabumi.
Rancangan penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yaitu metode dalam meneliti suatu kasus kelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran, dengan tujuan membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diteliti. Metode ini untuk mengetahui tanggapan responden mengenai variabel-variabel yang diteliti, yaitu variabel X (kepercayaan merk) dan variabel Y (loyalitas pelanggan).
Untuk menjawab masalah tersebut maka dilakukan penelitian dengan menggunakan metode Survei dengan jumlah 79 pelanggan pada PT. Trio Mitra Bersama Sukabumi.
Adapun lokasi penelitian yang dilakukan adalah pada PT. Trio Mitra Bersama Sukabumi yang beralamat di Jl. Serasa Kp. Sindang Resmi RT. 03/RW. 08 Kel. Babakan Kec. Cibeureum, penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2023 dan direncanakan selesai pada bulan Juli 2023.
Terdapat pengaruh kurang berarti dari kepercayaan merk terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Trio Mitra Bersama Sukabumi. Hasil penelitian ini menunjukkan besarnya pengaruh kepercayaan merk terhadap loyalitas pelanggan adalah sebesar 11,4%. Hal ini menunjukan bahwa pengaruh kepercayaan merk terhadap loyalitas pelanggan kurang berarti, karena sisanya 88,6% dipengaruhi faktor lain di luar kepercayaan merk.
Dikarenakan pengaruh kepercayaan merk terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Trio Mitra Bersama Sukabumi kurang berarti, maka apabila manajemen PT. Trio Mitra Bersama Sukabumi ingin meningkatkan loyalitas pelanggannya, sebaiknya memilih usaha memaintenance faktor lain di luar kepercayaan merk yang sekiranya memiliki pengaruh lebih berarti misalnya kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan dan sebagainya. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui faktor apa yang memiliki pengaruh paling besar terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Trio Mitra Bersama Sukabumi.