Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Minuman Susu Fermentasi Yakult di Kota Sukabumi
Abstract
Metode penelitian yang digunakan metode penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh antara kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Subjek penelitian ini adalah konsumen minuman susu fermentasi Yakult di Kota Sukabumi dengan sampel 96 responden. Data penelitian ini menggunakan kuesioner skala likert untuk variabel kualitas produk, citra merek dan keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Hal ini berdasarkan IBM SPSS Statistics Program Verson 24 yang menghasilkan variabel kualitas produk (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen minuman susu fermentasi Yakult di Kota Sukabumi yang dapat dilihat nilai sig dalam variabel kualitas produk dengan nilai Sig. sebesar 0.008 < 0,05 atau nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2.212 > 1,986). Dengan demikian pengujian ini membuktikan bahwa kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen minuman susu fermentasi Yakult di Kota Sukabumi atau H1 di terima, kemudian citra merek (X2) dengan nilai t hitung sebesar 3.974 > 1.986 dengan nilai signifikansi sebesar 0.001 < 0,05. Dengan demikian pengujian ini membuktikan bahwa citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen minuman susu fermentasi Yakult di Kota Sukabumi atau H2 di terima dan secara simultan diperoleh tingkat signifikan 0.000 < 0,05 dengan nilai F hitung > F tabel ((12.022 > 3.1) yang berarti bahwa kualitas produk dan citra merek secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian minuman susu fermentasi Yakult di Kota Sukabumi atau H3 di terima.