Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien pada Puskesmas Gedong Panjang Kota Sukabumi

  • Engkus Engkus Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi
  • Indra Putu Desa Nota Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan

Abstract

Puskesmas adalah sebuah lembaga pemerintah yang bertugas untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat. Keberadaan puskesmas di lingkungan masyarakat dirasakan sangat penting keberadaannya sehubungan dengan masih jauhnya jarak ke rumah sakit terdekat.

 

Dalam menjalankan fungsinya, setiap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat harus benar-benar berkualitas sehubungan kualitas pelayanan dapat dijadikan  sebagai core product yang ditawarkan oleh puskesmas yaitu berupa jasa pelayanan kesehatan. Apabila kualitas pelayanan sesuai dengan harapan pasien, maka pasien akan merasa puas atas pelayanan yang diberikan puskesmas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Gedong Panjang Kota Sukabumi.

 

Dalam pelaksanaannya, penelitian menggunakan metode deskriptif dan asosiatif yang dilakukan melalui pengumpulan data di lapangan, yaitu memberikan gambaran mengenai kualitas pelayanan dan kepuasan pasien yang diperoleh dari observasi. Pada penelitian ini mengggunakan data primer dengan melakukan observasi serta menyebarkan kuesioner kepada responden. Populasi dari penelitian ini adalah pasien Puskesmas Gedong Panjang Kota Sukabumi Tahun 2024 sebanyak 1.650 orang. Penentuan sampelnya dengan menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 94 orang.

Kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Gedong Panjang Kota Sukabumi. Hasil penelitian membuktikan besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Gedong Panjang Kota Sukabumi sebesar 96,6 % adapun sisanya 3,4 % dipengaruhi oleh variabel bebas lain diluar kualitas pelayanan.

Published
2024-12-31
How to Cite
Engkus, E., & Putu Desa Nota, I. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien pada Puskesmas Gedong Panjang Kota Sukabumi. Jurnal Ekonomak, 10(3), 36-43. Retrieved from https://ejournal.stiepgri.ac.id/index.php/ekonomak/article/view/403