Pengaruh Periklanan dan Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian

  • Angga Pramadista Sudrajat Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi
  • Euis Lisnawati Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi
Keywords: Iklan, Strategi Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh iklan terhadap keputusan pembelian konsumen jasa iklan @sukabumifoodies. (2) Pengaruh strategi promosi terhadap keputusan pembelian konsumen jasa iklan @sukabumifoodies dan (3) Pegaruh iklan dan strategi promosi terhadap keputusan pembelian konsumen jasa iklan @sukabumifoodies.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan post positivist, menggunakan strategi penelitian seperti survei dan eksperimen yang memerlukan data statistik. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling, jumlah responden sebanyak 96 responden. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah resgresi berganda. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 26.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Iklan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen pengguna jasa iklan @sukabumifoodies, dibuktikan dengan nilai t hitung (2.238) > t tabel (1,985), nilai signifikan 0,028 < 0,05, dan koefisisen regresi sebesar 0,197. (2) Strategi promosi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen pengguna jasa iklan @sukabumifoodies, dibuktikan dengan nilai t hitung (2.760)> t tabel (1,985), dan nilai signifikan sebesar 0,007 < 0,05, dan koefisien regresi sebesar 0,321. (3) Iklan dan strategi promosi secara bersama-sama memberikan pengaruh positif pada keputusan pembelian konsumen pengguna jasa iklan @sukabumifoodies, dibuktikan dengan nilai f hitung (9,856) > f tabel (3,09), dan signifikan 0,000 < 0,05.

Published
2024-12-31
How to Cite
Pramadista Sudrajat, A., & Lisnawati, E. (2024). Pengaruh Periklanan dan Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomak, 10(3), 44-49. Retrieved from https://ejournal.stiepgri.ac.id/index.php/ekonomak/article/view/404