Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pada CV. Java Home

  • Engkus Engkus Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi
  • Indra Putu Desa Nota Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi
Keywords: Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Dalam era persaingan bisnis yang semakin kompetitif, kepuasan konsumen telah menjadi faktor kunci dalam keberlangsungan dan pertumbuhan perusahaan. Kepuasan konsumen bukan hanya merupakan indikator keberhasilan jangka pendek, tetapi juga menjadi fondasi utama dalam membangun loyalitas pelanggan dan citra perusahaan di mata publik. Dalam konteks ini, dua aspek yang sering dikaji dalam literatur pemasaran dan manajemen pelayanan adalah fasilitas yang disediakan serta kualitas pelayanan yang diberikan oleh suatu perusahaan.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodepenelitian kuantitatif yaitu penelitian empiris yang datanya berbentuk angka-angka dan analisis menggunakan statistik, koefisien determinasi dan regresi linier sederhana. Selain itu penelitian ini menggunakan metode analisis asosiatif atau hubungan kausalitas antar variabel yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk mengungkapkan permasalahan yang bersifat hubungan sebab akibat antara dua variabel atau lebih. Metode penelitian kuantitatif adalah jenis penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang dapat dicapai dengan menggunakan prosedur-prosedur statistik atau cara-cara lain dari kuantitatif. Metode analisis asosiatif adalah rumusan masalah penelitian yang bersifat menanyakan hubungan antara dua variabel atau lebih.

Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis pengaruh masing-masing variabel fasilita dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Analisis kuantitatip meliputi uji validatas dan reliabilitas, uji prasyarat analisis, uji analisis koefisien determinasi (R2) serta uji hipotesis meliputi uji t dan uji f. Tekhnik analisi data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda sebagai berikut:

Y = -7,162 – 0,448X1 + 0,568X2

Hasil penelitian analisis regresi linear berganda, dari nilai koefisien (b1) -0,448 hal ini berarti setiap ada peningkatan fasilitas maka kepuasan konsumen mengalami penurunan, begitupun sebaliknya. Sedangkan kualitas pelayanan menunjukan bahwa nilai koefisien (b2) 0,568 hal ini berarti setiap ada peningkatan kualitas pelayanan maka kepuasan konsumen juga mengalami peningkatan. Secara bersama-sama atau terdapat hubungan yang simultan antara fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, dilihat dari nilai F hitung sebesar 40,284 > F tabel 3,13 dan nilai F signifikan 0,000 < nilai probabilitas 0,05. Jadi terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada CV. JAVA HOME. Uji t menunjukan hasil variabel X1 memiliki tingkat signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 4,948 > t tabel 1,994 maka H1 diterima. Variabel X2 nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 3,965 > t tabel 1,994 maka H2 diterima. Hasil angka R square sebesar 0,535 atau 53,5% yang berarti variabel fasilitas dan kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 53,5% dan sisanya dipengaruhi oleh variabellain.

Published
2025-08-13
How to Cite
Engkus, E., & Putu Desa Nota, I. (2025). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pada CV. Java Home. Jurnal Ekonomak, 11(2), 8-15. Retrieved from https://ejournal.stiepgri.ac.id/index.php/ekonomak/article/view/420