Pengaruh Kemampuan Kerja terhadap Kualitas Pelayanan

pada bagian Keuangan RSUD R. Syamsudin, S.H Kota Sukabumi

  • Angga Pramadista Sudrajat Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi
Keywords: kemampuan kerja, kualitas pelayanan, RSUD R. Syamsudin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan kerja terhadap kualitas pelayanan pada Bagian Keuangan RSUD R. Syamsudin, S.H Kota Sukabumi. Variabel independen (X) adalah kemampuan kerja yang diukur melalui technical skill, human skill, dan conceptual skill. Variabel dependen (Y) adalah kualitas pelayanan yang diukur dengan dimensi tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Metode yang digunakan adalah survei eksplanatif dengan teknik korelasi dan regresi terhadap 31 responden. Hasil analisis menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,764 yang berarti hubungan positif dan kuat. Koefisien determinasi sebesar 58,37% menunjukkan bahwa kemampuan kerja mempengaruhi kualitas pelayanan sebesar 58,37%, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Uji hipotesis menunjukkan thitung (6,387) > ttabel (0,709), sehingga H1 diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah kemampuan kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan.

Published
2025-08-13
How to Cite
Pramadista Sudrajat, A. (2025). Pengaruh Kemampuan Kerja terhadap Kualitas Pelayanan . Jurnal Ekonomak, 11(2), 16-21. Retrieved from https://ejournal.stiepgri.ac.id/index.php/ekonomak/article/view/421