ANALISIS EFISIENSI BIAYA TERHADAP KEPUTUSAN PENINGKATAN JUMLAH PELAYANAN BERDASARKAN METODE POHON KEPUTUSAN PADA PDAM KABUPATEN SUKABUMI

  • Rosanna Wulandari
Keywords: Efisiensi Biaya, Pohon Keputusan, Peningkatan Pelayanan

Abstract

PDAM Kabupaten Sukabumi sebagai sebuah perusahaan yang menjalankan kegiatan usahanya secara monopoli memiliki beberapa keunggulan yang diantaranya adalah secara mutlak tidak memiliki pesaing bisnis. Selain daripada itu PDAM Kabupaten Sukabumi menguasai harga pasar (price maker) dan sekaligus dapat melakukan diskriminasi harga. keputusan peningkatan pelayanan dilakukan apabila biaya marginal sama dengan pendapatan marginal, dan keputusan peningkatan pelayanan tidak dilakukan apabila biaya marginal lebih besar dari pendapatan marginal. Keputusan Peningkatan Pelayanan dilakukan jika MC ≤ MR. Nilai biaya marjinal adalah sebesar Rp. 6.876.831.384, sementara pendapatan marjinal sebesar Rp.6.885.041.440, maka dari itu keputusan peningkatan jumlah pelayanan kepada pelanggan PDAM Kabupaten Sukabumi dapat dilakukan karena biaya marjinal lebih kecil dibandingkan dengan pendapatan marginal.

Published
2017-08-22
How to Cite
Rosanna Wulandari. (2017). ANALISIS EFISIENSI BIAYA TERHADAP KEPUTUSAN PENINGKATAN JUMLAH PELAYANAN BERDASARKAN METODE POHON KEPUTUSAN PADA PDAM KABUPATEN SUKABUMI. Jurnal Ekonomak, 3(2), 38-53. Retrieved from https://ejournal.stiepgri.ac.id/index.php/ekonomak/article/view/49