Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Poltekes Yapkesbi Sukabumi

  • Angga Pramadista Sekolah tinggi ilmu ekonomi pgri sukabumi
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Mahasiswa

Abstract

Poltekes Yapkesbi merupakan perguruan tinggi atau  pendidikan tinggi di bidang kesehatan yang berada di Sukabumi yang mempunyai tujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan tugas sesuai dengan kompetensi, dedikasi dan moral yang tinggi berdasarkan ketaqwaan, bertanggung jawab, menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan diri sesuai dengan profesinya, dan mencapai Tridharma Perguruan Tinggi. Tentu masyarakat yang ingin masuk perguruan tinggi ini sangat berharap mendapatkan kualitas pelayanan yang bermutu, baik sarana maupun prasarana.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa seberapa besar pengaruh kualitas pelayan terhadap kepuasan mahasiswa yang dirasakan oleh masyarakat yang mengikuti perkuliahan di Poltekes Yapkesbi Sukabumi.

Metode penelitian  yang digunakan dalam penelitian ini adalah   melakukan studi pustaka, yaitu bentuk pengumpulan data melalui literatur (buku) yang berkaitan dengan permasalahan penelitian yang dijadikan dasar teori dalam penelitian ini. studi dokumentasi, yaitu bentuk pengumpulan data melalui dokumen-dokumen yang berada pada objek yang menjadi tempat penelitian yang dibutuhkan peneliti untuk dijadikan bahan pelengkap dalam kajian permasalah penelitian. Penyebaran angket, yaitu istrumen penelitian yang dibutuhkan untuk mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan rumusan-rumusan penelitian, dan ini dijadikan landasan pengukuran dalam analisa data terhadap pertanyaan penelitian. Serta wawancara (interview), merupakan pengumpulan data melalui komunikasi langsung dengan pihak – pihak yang berkaitan dengan masalah penelitian.

Berdasarkan hasil analisa maka dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mahasiswa pada Poltekes Yapkesbi dengan nilai koefisien Determinasi 62,5% . Ini berarti bahwa 62,5% variasi kepuasan mahasiswa pada Poltekes Yapkesbi ditentukan oleh variasi kualitas pelayanan, dan hanya 37,5% ditentukan oleh faktor atau variabel lainnya. Adapun korelasinya positif (berbanding lurus) dengan tingkat hubungan yang sangat tinggi, hal ini terlihat dari nilai koefisien korelasi antara X dengan Y sebesar r = 0,790. Dengan demikian jika kualitas pelayanan pada Poltekes Yapkesbi ditingkatkan maka kepuasan mahasiswa akan meningkat, begitu pula sebaliknya. Dari analisis regressi linier sederhana diperoleh nilai persamaan regressi Y = 4,106 + 0,735 X, koefisien regressi sebesar 0,735 menunjukan bahwa setiap penambahan kualitas pelayanan sebesar 1 poin akan diikuti dengan bertambahnya kepuasan mahasiswa 0,735.

 

Kata Kunci :  Kualitas Pelayanan, Kepuasan Mahasiswa.

 

Published
2019-12-13
How to Cite
Pramadista, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Poltekes Yapkesbi Sukabumi. Jurnal Ekonomak, 5(3), 21-30. Retrieved from https://ejournal.stiepgri.ac.id/index.php/ekonomak/article/view/59