Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Variabel Intervening Kepuasan Konsumen
(Studi Kasus pada Kecap Manis Merek “GAN” di Kota Sukabumi)
Abstract
Keputusan pembelian konsumen merupakan bagian dari perilaku konsumen yang penting untuk diteliti oleh manajemen di tingkat produsen agar konsumen dapat senantiasa memutuskan membeli produknya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen Kecap Merek “GAN” di Kota Sukabumi melalui variabel intervening kepuasan konsumen. Penelitian dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 100 konsumen Kecap Merek “GAN” yang berbelanja di Toko-toko retail yang menjadi mitra dari PD. Alam Aneka Aroma (Produsen Kecap Merek “GAN”) di Kota Sukabumi. Data dari responden berupa penilaian terhadap kualitas produk, kepuasan serta keputusan pembelian, dianalisis dengan menggunakan analisis regresi bertahap. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa: a) kualitas produk (X) memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) yang diperoleh dari hasil perhitungan unstandardized coefficient; b) kepuasan konsumen (Y) memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen (Z) yang diperoleh dari hasil perhitungan unstandardized coefficients; c) pengaruh tidak langsung kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen juga signifikan yang diperoleh dari hasil perhitungan standardized coefficients.