Suatu Tinjauan Strategi Pemasaran Melalui Pendekatan Bcg (BOSTON CONSULTING GROUP)
STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN PT. UNILEVER TBK
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pertumbuhan pasar PT Unilever, Tingkat Pangsa Pasar Relatif serta Posisi perusahaan berdasarkan tingkat pertumbuhan dan pangsa pasar yang dimilikinya. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pertama, perhitungan Indeks Pertumbuhan Pasar, kedua Perhitungan Indeks pasngsa pasar relative, dan Analisa BCG (Boston Consulting Group). Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pertumbuhan pasar untuk divisi home&personal care selama 1 (satu) tahun yaitu 2015 – 2016 adalah sebesar 6,6% apabila dibandingkan dengan tingkat pertumbuhan pasar divisi food & refreshment selama 1 (satu) tahun adalah 11,7%, maka divisi home&personal care pertumbuhan pasarnya masih dibawah divisi food & refreshment. Sedangkan untuk pangsa pasar relative divisi home&personal care pada tahun 2016 sebesar 2,22x > 1 dan untuk pangsa pasar relatif divisi food & refreshment pada tahun 2016 sebesar 2,06x > 1. Artinya bahwa kedua divisi pada parusahaan PT. Unilever memiliki pangsa pasar yang lebih besar dibandingkan dengan pesaingnya. Jika dilihat dari matrik BCG maka dapat diketahui bahwa tingkat pertumbuhan pasar di masing-masing divisi adalah (a) Divisi home & personal care pertumbuhan pasarnya sebesar 6,6% dan nilai pangsa pasar relatif pada tahun 2016 adalah sebesar 2,22 x nilai pangsa pasar tersebut memiliki nilai lebih besar dari satu (>1) sehingga divisi home & personal care berada dalam posisi kuadran Cash cows karena tingkat pertumbuhan penjualannya lebih rendah tapi mempunyai pangsa pasar yang relatif tinggi. bedasarkan hasil analisis BCG matrik tersebut maka strategi yang dapat dilakukan oleh PT.unilever untuk divisi home & personal care yang berada di kuadran Cash cows adalah Pengembangan produk atau diversifikasi konsentri. Tetapi, ketika divisi sapi perah menjadi lemah, retrenchment atau divestasi lebih sesuai untuk diterapkan. (b) Sedangkan divisi Food & refreshment memiliki tingkat pertumbuhan sebesar 11,7 % dan nilai pangsa pasar relatif pada tahun 2016 adalah sebesar 2,06x atau (>1) sehingga divisi Food & refreshment berada dalam posisi kuadran stars. Hal ini menggambarkan bahwa divisi ini merupakan pemimpin pasar, namun potensi pasar perlu dikejar karena pertumbuhan pasarnya tinggi. Sehingga strategi yang dapat dilakukan oleh PT.unilever untuk divisi Food & refreshment adalah strategi pertahanan (hold) dan pengembangan (Build). Upaya yang harus dilakukan adalah perusahaan harus melakukan Integrasi ke depan ke belakang (menjaga hubungan baik dengan para pemasok dan perantara), dan horizontal (menjaga hubungan dengan para competitor), penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk, dan joint venture merupakan strategi yang sesuai untuk dipertimbangkan divisi ini.

