Pengaruh Pelatihan Guru Adzkia Terhadap Kinerja Pendidik di Sdit Adzkia Sukabumi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelatihan guru Adzkia, gambaran kinerja pendidik, dan pengaruh pelatihan guru Adzkia terhadap kinerja pendidik di SDIT Adzkia 1 Sukabumi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menunjukkan hubungan yang bersifat sebab akibat. Populasi penelitian ini sebanyak 73 orang dan sampel sebanyak 62 orang sebagai responden dengan teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara Disproportionate Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, observasi, dokumentasi, dan angket (kuesioner). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, analisis regresi linear sederhana, analisis koefisien determinasi, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan guru Adzkia di SDIT Adzkia 1 Sukabumi termasuk kedalam kategori baik. Untuk kinerja pendidik di SDIT Adzkia 1 Sukabumi termasuk kedalam kategori baik. Berdasarkan analisis regresi linear sederhana dinyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif antara pelatihan guru Adzkia terhadap kinerja pendidik di SDIT Adzkia 1 Sukabumi. Besar pengaruh pelatihan guru Adzkia terhadap kinerja pendidik di SDIT Adzkia 1 Sukabumi yaitu sebesar 27,5 persen. Uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pelatihan guru Adzkia terhadap kinerja pendidik di SDIT Adzkia 1 Sukabumi, sehingga hipotesis penelitian ini dapat diterima.