https://ejournal.stiepgri.ac.id/index.php/ekonomak/issue/feed Jurnal Ekonomak 2025-08-13T08:10:39+00:00 Dendi Zainuddin Hamidi lppm@stiepgri.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal ekonomak adalah jurnal akses terbuka yang menerbitkan penelitian di bidang ekonomi, manajemen dan akuntansi. Jurnal EKONOMAK terbit tiga kali dalam setahun sejak tahun 2015 oleh LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Sukabumi.</p> https://ejournal.stiepgri.ac.id/index.php/ekonomak/article/view/419 ANALISIS TINGKAT KESEHATAN BANK DENGAN METODE RISK PROFILE, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, EARNINGS, CAPITAL (RGEC) 2025-08-06T07:49:27+00:00 Fithri Suciati fithri.suciati@unlip.ac.id euis Lisnawati euisbuetea@gmail.com Muhammad Faskal faskal3@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesehatan PT.&nbsp; BankRakyat Indonesia (Persero) Tbk selama periode 2020–2023 menggunakan metode RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan sumber data sekunder berupa laporan keuangan tahunan BRI. Hasil analisis menunjukkan bahwa BRI berada dalam kategori "Sehat" berdasarkan indikator RGEC: NPL &lt; 2%, LDR dalam kisaran 80–90%, GCG memadai, ROA &gt; 2%, dan CAR &gt; 13%. Temuan ini menegaskan bahwa penurunan saham BRI pada 2023 tidak disebabkan oleh penurunan tingkat kesehatan bank, melainkan lebih dipengaruhi oleh kondisi eksternal. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis bagi pengembangan literatur RGEC dan kontribusi praktis dalam penilaian kesehatan bank</p> 2025-08-06T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 https://ejournal.stiepgri.ac.id/index.php/ekonomak/article/view/420 Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pada CV. Java Home 2025-08-13T07:20:31+00:00 Engkus Engkus engkus@unlip.ac.id Indra Putu Desa Nota indraputu@unlipac.id <p>Dalam era persaingan bisnis yang semakin kompetitif, kepuasan konsumen telah menjadi faktor kunci dalam keberlangsungan dan pertumbuhan perusahaan. Kepuasan konsumen bukan hanya merupakan indikator keberhasilan jangka pendek, tetapi juga menjadi fondasi utama dalam membangun loyalitas pelanggan dan citra perusahaan di mata publik. Dalam konteks ini, dua aspek yang sering dikaji dalam literatur pemasaran dan manajemen pelayanan adalah fasilitas yang disediakan serta kualitas pelayanan yang diberikan oleh suatu perusahaan.</p> <p>Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodepenelitian kuantitatif yaitu penelitian empiris yang datanya berbentuk angka-angka dan analisis menggunakan statistik, koefisien determinasi dan regresi linier sederhana. Selain itu penelitian ini menggunakan metode analisis asosiatif atau hubungan kausalitas antar variabel yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk mengungkapkan permasalahan yang bersifat hubungan sebab akibat antara dua variabel atau lebih. Metode penelitian kuantitatif adalah jenis penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang dapat dicapai dengan menggunakan prosedur-prosedur statistik atau cara-cara lain dari kuantitatif. Metode analisis asosiatif adalah rumusan masalah penelitian yang bersifat menanyakan hubungan antara dua variabel atau lebih.</p> <p>Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis pengaruh masing-masing variabel fasilita dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Analisis kuantitatip meliputi uji validatas dan reliabilitas, uji prasyarat analisis, uji analisis koefisien determinasi (R2) serta uji hipotesis meliputi uji t dan uji f. Tekhnik analisi data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda sebagai berikut:</p> <p>Y = -7,162 – 0,448X1 + 0,568X2</p> <p>Hasil penelitian analisis regresi linear berganda, dari nilai koefisien (b1) -0,448 hal ini berarti setiap ada peningkatan fasilitas maka kepuasan konsumen mengalami penurunan, begitupun sebaliknya. Sedangkan kualitas pelayanan menunjukan bahwa nilai koefisien (b2) 0,568 hal ini berarti setiap ada peningkatan kualitas pelayanan maka kepuasan konsumen juga mengalami peningkatan. Secara bersama-sama atau terdapat hubungan yang simultan antara fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, dilihat dari nilai F hitung sebesar 40,284 &gt; F tabel 3,13 dan nilai F signifikan 0,000 &lt; nilai probabilitas 0,05. Jadi terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada CV. JAVA HOME. Uji t menunjukan hasil variabel X1 memiliki tingkat signifikan 0,000 &lt; 0,05 dan nilai t hitung 4,948 &gt; t tabel 1,994 maka H1 diterima. Variabel X2 nilai signifikan 0,000 &lt; 0,05 dan nilai t hitung 3,965 &gt; t tabel 1,994 maka H2 diterima. Hasil angka R square sebesar 0,535 atau 53,5% yang berarti variabel fasilitas dan kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 53,5% dan sisanya dipengaruhi oleh variabellain.</p> 2025-08-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) https://ejournal.stiepgri.ac.id/index.php/ekonomak/article/view/421 Pengaruh Kemampuan Kerja terhadap Kualitas Pelayanan 2025-08-13T08:10:39+00:00 Angga Pramadista Sudrajat anggapramadista@unlip.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan kerja terhadap kualitas pelayanan pada Bagian Keuangan RSUD R. Syamsudin, S.H Kota Sukabumi. Variabel independen (X) adalah kemampuan kerja yang diukur melalui technical skill, human skill, dan conceptual skill. Variabel dependen (Y) adalah kualitas pelayanan yang diukur dengan dimensi tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Metode yang digunakan adalah survei eksplanatif dengan teknik korelasi dan regresi terhadap 31 responden. Hasil analisis menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,764 yang berarti hubungan positif dan kuat. Koefisien determinasi sebesar 58,37% menunjukkan bahwa kemampuan kerja mempengaruhi kualitas pelayanan sebesar 58,37%, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Uji hipotesis menunjukkan thitung (6,387) &gt; ttabel (0,709), sehingga H1 diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah kemampuan kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan.</p> 2025-08-13T00:00:00+00:00 Copyright (c)